Jumat, 24 Juli 2009

Dishutbun Lebak Lestarikan DTA

Dalam rangka mempercepatan penghijauan lahan krisis, pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Lebak melakukan rehabilitisir kawasan tangkapan air (cathment area) guna menyimpan cadangan stok air dalam tanah. Hal itu ditegaskan Kepala bidang (Kabid) Kehutanan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Asep Muladi pada MN diruang kerjanya (23/7).

Dikatakan Asep, bukti keseriusan dan kepedulian Pemkab Lebak dalam upayanya memelihara dan melestarikan alam dan kawasan tangkapan air, pada tahun 2009 ini dialokasikan di 4 Kecamatan di Kabupaten Lebak, diantarannya, Kecamatan Cibadak, Warunggunung, Panggarangan dan Kecamatan Cilograng.

Sementara itu ditempat terpisah, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Daerah Tangkapan Air dan Bendungan (DTA) yang juga menjabat Kasi Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Dinas kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Noerly Edlinar, S Hut saat di konfirmasi MN diruang kerjanya belum lama ini mengatakan, pada kegiatan tersebut pelaksanaannya dilaksanakan oleh kelompok tani dengan melakukan penanaman pohon di Daerah Tangkapan Air (DTA) sebanyak 10 ribu batang/bibit pohon dengan luas areal 20 hektare perunitnya. Jenis pohon yang dinanam, lanjut Noerly, bermacam-macam seperti, Albasiah, Mahoni, Pulai, Kaliandra, Bambu, Sukun dan Jengkol.

Kegiatan tersebut bertujuan, untuk mengurangi atau mengantisipasi terjadinya erosi permukaan tanah dan dapat tersedianya air sepanjang tahun dalam kapasitas yang cukup.
“Hal ini dilakukan guna menjaga atau mengurangi terjadinya erosi pada permukaan tanah dan tersedianya air sepanjang tahun dalam kapasitasi yang cukup,” katanya pada Banten Ekspose diruang kerjanya (15/7).

Diharapkan pada kegiatan tersebut, lanjut Noerly lagi, dapat meningkatkan motivasi masyarakat sekitar DTA, untuk menjaga tanaman atau tegakan di sekitar DTA dan meningkatkan kesejahteraan kelompok tani dalam pelestarian sumber daya alam (PSDA).

RA. Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar