Kamis, 19 Juli 2012

Pemkab Lebak Siap Sukseskan Program P2KP

Pemerintah menggulirkan program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP) dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah hunian penduduk. 
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Dede Supriatna, berharap dengan digulirkannya program P2KP itu diharapkan lahan pekarangan rumah penduduk dapat produktif dan dimanfaatkan dengan aneka tanaman yang berguna dan bermanfaat. 
“Guna menyukseskan program P2KP ini, kami telah menunjuk 20 pendamping penyuluh lapangan guna membantu kelompok tani wanita guna mendukung program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) tersebut. Kami akan memberdayakan tani wanita dalam memenuhi program penganekaragaman konsumsi pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah,” ujar Dede, belum lama ini. 
Dede menegaskan, ke-20 pendamping penyuluh diminta bekerja keras untuk memotivasi kelompok-kelompok tani wanita guna menyukseskan program yang dilaksanakan. 
“Kami minta tenaga pendamping benar-benar bisa membantu kelompok tani wanita guna mendukung program P2KP. Saya optimistis program P2KP di Lebak berhasil untuk memenuhi ketersediaan penganekaragaman pangan," ujarnya. 
Ditambahkan, saat ini, jumlah kelompok tani wanita yang tergabung dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) cukup banyak di pedesaan. Bahkan, kelompok tani itu sudah mampu mengembangkan budi daya tanaman sayur-sayuran dan tanaman obat. 
“Dengan program P2KP ini diharapkan kelompok tani wanita bisa memenuhi penganekaragaman pangan dengan pemanfaatan pekarangan. Program ini juga dapat memberikan nilai tambah bagi pendapatan ekonomi keluarga,” katanya. 
Sementara itu, sejumlah pendamping mengaku setelah mengikuti sosialisasi program P2KP akan menjalin kerja sama dengan PKK desa dan kecamatan. Sebab, kelompok tani wanita di Lebak cukup banyak mengembangkan jenis tanaman pangan maupun umbian dan tanaman obat. 
"Kami akan memberikan pengetahuan tentang bagaimana tanaman yang baik juga bisa mengantisipasi hama dan penyakit tanaman," kata Nurdin, seorang tenaga pendamping Dinas Pertanian Kabupaten Lebak.
 AJAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar