Rabu, 25 November 2009

Desa Cigoong Utara Laksanakan Pamsimas


Pada tahun 2009 ini, Desa Cigoong Utara Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak mendapat bantuan Penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) yang dananya dari pemerintah pusat melalui APBN tahun 2009 sebesar Rp. 275 juta.

Menurut Kepala Desa Cigoong Utara, Ratnaya saat dikonfirmasi MN dilapangan belum lama ini mengatakan, kegiatan Pamsimas di desanya dilaksanakan sebanyak 9 titik dibeberapa kampung diantaranya, Kampung Ciparanje, Kubang Batas, Cilame, Marga Mulya, Tegal, Pasir Gemuh, Hambur, Ciparay dan Kampung Kayu Dampit.

Dijelaskan Ratnaya, penyediaan sarana air di desa Cigoong Utara saat sulit didapat apabila musim kemarau tiba dan prilaku hidup bersih dan sehat dari warga desa kurang optimal sehingga pihaknya memohon kepada pemerintah pusat melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak untuk mengalokasi kegiatan Pamsimas didesanya.

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan Pamsimas, mudah-mudahan penyediaan sarana air di Desa Cigoong Utara tetap ada dan tersedia walaupun musim kemarau tiba dan dapat merubah prilaku warga desa untuk selalu hidup sehat dan bersih setiap saat,” kata Ratnaya.

Kepada warga desa, lanjut Ratnaya, diharapkan untuk dapat menjaga dan melestarikan kegunaan dan manfaat air tersebut. Untuk itu, pihaknya akan membentuk panitia kecil dalam pengelolaannya.

Sementara itu, Tokoh masyarakat yang juga tokoh ulama Desa Cigoong Utara, Ust. Rahmat Suparta mengatakan, atas nama warga Desa Cigoong Utara mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas bantuan program kegiatan Pamsimas didesanya. Kini pihaknya tidak akan khawatir lagi akan kekurangan air saat musim kemarau tiba.

Namun, lanjutnya, dikarenakan luas dan banyaknya jumlah penduduk Desa Cigoong Utara, sebanyak 9 titik pada kegiatan Pamsimas tersebut dirasa masih belum maksimal dalam memenuhi kebutuhan air bersih warga desa. Untuk itu, agar dapat hasilnya maksimal, lanjutnya lagi, sudikah kira pemerintah memberikan bantuan 3 titik lagi dalam penyediaan air bersih di Desa Cigoong Utara, hal ini bertujuan agar seluruh warga desa dapat menikmati akan kegunaan dan manfaat air bersih.

RA. Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar