Jumat, 06 November 2009

PNPM – Pedesaan 2009 Warga Desa Sumurbandung Buka Daerah Terisolir


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan tahun 2009 yang dilaksanakan di Desa Sumurbandung Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak disambut warga. Pada PNPM Pedesaan tahun ini, Desa Sumurbandung melaksanakan 2 kegiatan yakni kegiatan Pengerasan Jalan Kampung Cikaung – Kapunduan sepanjang 1850 meter dan 5 unit MCK.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi warga Desa Sumurbandung dengan ada PNPM –Pedesaan. Pasalnya, dengan kegiatan tersebut, warga dapat membuka akses jalan terilosir yakni jalan Kampung Cikaung – Kapunduan yang sudah bertahun-tahun sulit dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) PNPM –Pedesaan Desa Sumurbandung, Ace Wijaya saat ditemui Banten MN (26/10) mengatakan, harapan untuk membuka askes jalan terisolir tersebut sudah lama dinanti-nanti warga desa, khususnya warga Kampung Kapunduan. Pelaksanaan kegiatan Pengerasan jalan sepanjang 1850 meter, yang melalui hutan dan sawah milik warga desa tersebut, lanjut Ace, merupakan sebuah harapan atau cita-cita warga yang terwujud sehingga dalam pelaksanannya mendapat dukungan dari warga desa.

“Alhamdulillah, kegiatan ini merupakan harapan warga yang terwujud.. Untuk itu, warga desa harus mendukung program kegitaan tersebut, mudah-mudah tidak hambatan sehingga program ini dapat berjalan lancar dan sukses” kata Ace.

Sementara itu, Kepala Desa Sumurbandung, Amin Hidayat saat dikonfirmasi mengatakan, tahun ini desannya mendapatkan PNPM –Pedesaan untuk fisik digunakan membangun 5 unit MCK dan pengerasan jalan menghubungkan jalan Kampung Cikaung dan Kampung Kapunduan sepanjang 1850 meter.

Dijelaskan Amin, Kampung Kapunduan merupakan daerah terisolir yang amat sulit ditembus atau dilalui oleh kendaraan. Dahulu, lanjut Amin, untuk mencapai Kampung kapunduan harus melalui jalan setapak melintasi hutan dan sawah. Namun kini, lanjutnya lagi, demi terciptanya pemerataan pembangunan di Desa Sumurbandung, dengan adanya PNPM –Pedesaan, aparat dan warga desa, bersama-sama membangun membuka askes jalan terisolir Jalan Cikaung – Kapunduan dengan kegiatan pengerasan jalan.

Amin mengharapkan, pada tahun berikutnya (2010) baik dalam PNPM –Pedesaan atau program lainnya. Jalan Cikaung –Kapunduan dapat ditingkatkan lagi menjadi jalan desa yang berhotmix yang dapat memperlancar segala aktivistas warga kampung dalam upaya peningkatan ekonomi guna tercapai tingkat kesejahteraan.

“Yang kami harapkan yakni terjadinya suatu pemeretaan pembangunan. Apabila Kampung Kapunduan sudah dapat dilalui kendaraan khususnya roda empat, maka akan terjadi peningkatan aktivitas warga dalam upaya meningkatan tingkat ekonomi dan kesejahteraannya ” kata Amin pada MN dikantornya (31/10).

Terpisah, Ketua Unit Pengelola Keuangan (UPK) Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, M. Jen saat ditemui MNN diruang kerjanya belum lama ini menjelaskan, untuk kegiatan PNPM –Pedesaan tahun 2009 ini, Kecamatan Cikulur dibiayai sebesar Rp. 3 Milyar yang peruntukannya 30 % untuk ekonomi (SPP) dan 70 % fisik (infrastruktur) yakni, Jalan Terford (pengerasan jalan), Rabat beton jalan, Jembatan, membangun MCK, Pos Yandu, Madrasah Diniyah dan membangun Sekolah Taman Kanak-kanak (TK).

Ditambahkan M. Jen, kegiatan di PNPM –Pedesaan semuanya bertujuan dalam upaya peningkatan tingkat kesejahteraan dan ekonomi warga desa agar tercapainya masyarakat adil dan makmur. Untuk itu, sebagai warga desa harus serius mendukung dalam pelaksananya, karena hasil dan manfaatnya akan dapat dirasakan oleh warga itu sendiri.

Kepada pemerintah, harap M. Jen, ditahun berikutnya (2010) kegiatan ini terus tetap ada dan berjalan agar prasarana di Kecamatan Cikulur mengalami peningkatan yang pada akhirnya dapat pula meningkatkan tingkat kesejahteraan dan ekonomi warga desa yang berada di Kecamatan Cikulur.

“ Dengan dukungan dari semua pihak dan tidak adanya hambatan khususnya dari cuaca. Semoga PNPM –Pedesaan di Kecamatan Cikulur dapat berjalan sukses dan hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata M. Jen.

RA. Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar