Rabu, 10 Februari 2010

Kondisi Jalan Poros Desa Rusak dan Belum Berhotmik Warga Desa Curugpanjang Minta Segera Dibangun

Sejumlah warga Desa Curugpanjang Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak sudah lama menanti-nanti dan bertanya-tanya kapan jalan desa yang melalui ke kampungnya akan dibangun berlapis hotmik seperti jalan –jalan desa lainnya. Hal itu seperti dikatakan sekretaris Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Curugpanjang, Ahmad Heri, S.Hi yang akrab dipanggil Ustad Heri.

Menurut Ust. Heri, jalan Curungseeng – Pasirwaru yakni jalan poros desa yang menghubungkan Desa Curugpanjang dan Desa Sukaharja Kecamatan Cikulur, kondisi fisik jalannya rusak dan berlubang.

Masih katanya, pada jalan tersebut masih sangat didominasi tanah merah dan apabila musim hujan, maka jalan tersebut sangat sulit dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Hal itu, menjadikan beban yang sangat mengganggu dan menghambat aktivitas warga desa. Padahal, lanjutnya, pada jalur jalan tersebut terdapat lembaga pendidikan Madrasah Ibtidayah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Qothrotul Ullum yang memilik siswa yang cukup banyak. Dampak dari rusaknya jalan yang diguyur hujan yakni, menghambat para siswa untuk disiplin datang ke sekolah dan beraktivitas di sekolah.

“Guna tidak mengganggu dan menghambat aktivitas warga desa, kami berharap kepada pemerintah untuk segera membangun jalan tersebut. Karena apabila hal itu tidak dipenuhi maka beban hidup warga desa akan bertambah,” kata Ust Heri pada MN dikediamannya belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Desa Curug panjang, Oji Fakhroji saat ditemui MN
Dikantornya (28/1) membenarkan adanya keluhan warga desa dibeberapa kampung terkait kondisi jalan desa yang ada diwilayahnya.

Dijelaskan Oji, ada beberapa kampung yang memang kondisi jalannya perlu mengalami peningkatan dan dibangun. Diantaranya, jalan Cihuni – Curugseeng (1600 meter), Curugseeng – Pasirwaru – Hasem (600 meter), Cilutung Baros – Cilutung Lor (500 meter), Situjaya (500 meter) dan jalan Cilutung Kidul (700 meter).

Jalan-jalan tersebut, lanjut Oji, merupakan jalan vital yang sering digunakan warga desa untuk berpergiaan dan beraktivitas dalam upaya meningkatakan tarap hidup ekonomi. Namun, kata Oji, upaya tersebut agak sedikit mengalami gangguan dan hambatan dikarenakan kondisi jalan yang tidak mendukung dan sangat perlu dilakukan pembangunan jalan ditingkatkan menjadi jalan yang beraspal hotmik.

“Kami berharap sekali kepada pemerintah untuk segera memenuhi kebutuhan dan keinginan warga desa Curugpanjang yakni membangun jalan dan meningkatkan jalan-jalan poros desa menjadi lebih baik dan layak dilalui dalam rangka meningkatkan aktivitas warga dan tingkat ekonomi warga desa,” kata Oji.

RA. Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar