Selasa, 11 Agustus 2009

DAK 2009 Gedung SDN 1 Warunggunung Di Rehabilitasi

Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Warunggunung, Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak Provinsi Banten mendapatkan dana bantuan rehabilitasi gedung sekolah yang dibiayai dari DAK tahun anggaran 2009 sebesar Rp. 220 juta. Hal tersebut dikatakan Kepala SDN 1 Warunggunung , Ruswandi.

Dikatakan Ruswandi, anggaran DAK tersebut dipergunakan untuk kegiatan merehabilitasi 4 lokal (ruang -red) yang kondisinya sudah kurang layak untuk digunakan yakni, 3 ruang kelas dan 1 ruang guru serta pengadaan moubiler (meja dan kursi) sebanyak satu lokal.

“Dana tersebut kami pergunakan untuk merehabilitasi 3 ruang kelas, 1 ruang guru dan moubiler untuk satu lokal (ruang),” kata Ruswandi pada MN diruang kerjanya (11/8).

Dijelaskan Ruswandi, SDN 1 Warunggunung memiliki jumlah murid sebanyak 218 orang, saat ini memiliki 6 ruang kelas dan 1 ruang guru dengan jumlah tenaga pengajar (guru –red) 15 orang (11 PNS dan 4 Sukwan) serta satu penjaga sekolah (sukwan).

Dengan diterimanya dana bantuan DAK tahun ini, lanjut Ruswandi, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas perhatian dan kepercayaan yang telah diberikan. Untuk itu, pihaknya akan melaksanakan dengan benar sesuai dengan juklak dan juknis yang ada.

Namun, lanjutnya lagi, di SDN 1 Warunggunung merasa memiliki kekurangan dengan belum adanya ruang (gedung) Perpustakaan juga ada 1 ruang kelas (kondisi temboknya ada retakan dan lantai belum berkeramik) serta 1 ruang WC yang saat ini kondisi bangunannya kurang layak digunakan atau tidak indah dipandang . Diharapkan, pada tahun berikutnya SDN 1 Warungunung mendapat perhatian dan kepercayaan kembali dari pemerintah untuk dibangunnya satu ruang perpustakaan dan diperbaikinya (direhab) satu ruang kelas serta WC yang kurang pantas digunakan agar apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah dapat berjalan sukses.

“Kami berterimakasih kepada pemerintah, mudah-mudah apa yang telah diprogramkan pemerintah dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kedepan, diharapkan kekurangan yang kami miliki agar dapat diperhatikan dan dipenuhi kembali oleh pemerintah,” katanya.

232 SD Terima DAK


Terpisah, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DAK SD yang juga menjabat Kasi Sarana dan Prasarana TK dan SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Haerudin saat dikonfirmasi MN diruang kerjanya (12/8) mengatakan, sebanyak 232 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Lebak mendapat dana bantuan DAK 2009 dengan jumlah anggaran selurunhya sebesar RP. 40 milyar lebih.

Masing-masing SD menerima dana anggaran DAK tersebut, mulai dari Rp. 90 jutaan hingga mencapai Rp. 274 jutaan. Dana tersebut dapat digunakan untuk gedung perpustakaan dan merehabilitasi ruangan di sekolah tersebut.

Dijelaskan Haerudin, DAK SD memiliki tujuan dan manfaat yakni, dapat memperbaiki layanan public dibidang pendidikan khusus prasarana belajar SD, dapat mewujudkan pengelolaan pendidikan yang transparan, profesional dan akuntabilitas, mewujudkan pelibatan masyarakat aktif dalam kegiatan pendidikan serta mendorong adanya pengawasan lansung dari masyarakat dan dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat melalui aktivitas perbaikan infrastruktur pendidikan.

“Tahun ini, sebanyak 232 SD di Kabupaten Lebak menerima anggaran DAK SD. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses sesuai harap pemerintah juga masyarakat,” kata Haerudin.

RA. Sudrajat

2 komentar:

  1. semoga saja dengan adanya rehabilytas SDN 1 WARUNGGUNUNG , Kegiatan belajar bagi siswa - siswi nya akan lebih baik !!!

    BalasHapus
  2. ass wr.wb ,,, ibu bpk guru sadayana sdn 1 warunggunung kumah DAMANG ???
    masihh emut teu ka abbie yeuhh nu sok ibu bpk guru carekanan wae ,,, hehehe
    abbie oge moal hilap ka ibu bpk guru komo deui ka pak udin ,,, wihh eta mah pkok na mah CS abbie bae lahh !!!

    BalasHapus