Senin, 27 April 2009

Puskesmas Cileles Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cileles, Kabupaten Lebak, terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, hal itu, ditegaskan Kepala UPT Puskesmas Cileles, Saeful Mubaroq saat ditemui penulis diruang kerjanya.

Tujuannya, lanjut Saeful, tak lain agar masyarakat diwilayahnya merasa puas atas pelayanan kesehatan yang diberikan pihak Puskesmas. Saat ini, pihaknya memiliki 5 unit kendaraan motor mantri keliling (manling), 1 unit mobil ambulan serta tenaga medis satu dokter gigi dan satu dokter umum.

Lebih lanjut Saeful menjelaskan, selain berupaya di Puskesmas, peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dilakukan pula pada kegiatan posyandu – posyandu yang tersebar di enam desa binaannya, karena menurutnya, dalam kegiatan posyandu terdapat agenda pembinaan dan penyuluhan tentang kesehatan atau cara hidup sehat.

“Selain di Puskesmas sendiri, kami juga melakukan pencegahan penyakit di kegiatan posyandu, dengan memberikan penyuluhan dan pembinaan terkait kesehatan atau cara hidup sehat. Dan biasanya pada kegiatan posyandu banyak dihadiri oleh masyarakat khususnya kaum ibu. Berharap agar dapat diterapkan pada lingkungan keluarganya dan di lingkungan sekitarnya,” kata Saeful.

Masih kata Saeful, beberapa penyakit yang doniman diderita masyarakat di desa binaanya yaitu, penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan penyakit ganguan pencernaan.

“Dengan niat baik dan ihklas dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat serta niat kuat masyarakat ingin sembuh dan sehat. Alhamdullilah penyakit ISPA dan gangguan pencernaan dapat ditangani dengan oleh kami,” tutur Saeful.

Sementara itu, Romlah, salah satu pasien yang sedang berobat di Puskesmas Cileles saat itu, ketika ditanya penulis, mengakui bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan pihak Puskesmas Cileles amatlah baik dan bagus, terlebih lagi dengan para pegawai yang ramah, sopan dan selalu tersenyum dalam pelayanannya.

“Alhamdullilah, pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Cileles cukup baik dan bagus, ditambah para pewagainya ramah-ramah, sopan dan selalu memberikan senyum,” kata Romlah.

Butuh Pemagaran

Ditambahkan Kepala UPT Puskesmas Cileles, Saeful Mubaroq, guna menciptakan rasa aman dan nyaman dalam beraktivitas di kantor, pihaknya sangat membutuhkan penataan gedung dengan kegiataan pemagaran di sekeliling gedung Puskesmas Cileles Hal itu, bertujuan, agar gedung dapat tertata dengan baik, terlihat rapih dan indah serta dapat menciptakan suasana aman dan nyaman saat melakukan aktivitas memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Maka untuk itu, kata Saeful, memohon kepada pemerintah agar apa yang dibutuhkan dalam penataan gedung Puskesmas Cileles, agar dapat direalisasikan.

“Saat ini kami, sangat membutuhan kegiatan pemagaran di sekililing gedung Puskesmas Cileles, agar gedung dapat tertata dengan baik, aman, nyaman dan indah dipandang. Sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih optimal lagi,” katanya.

RA. Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar